Fungsi dan Proses Kerja Perangkat Teknologi Komputer

Untuk mendukung suatu komunikasi beberapa peralatan diciptakan, seperti handphone atau telepon seluler dari yang konvensional hingga telepon seluler yang semi komputer. Hal itu dimaksudkan untuk mendukung adanya informasi tanpa batasan birokrasi.
Informasi merupakan hal yang sangat penting bagi manajemen di dalam pengambilan keputusan. Informasi dapat diperoleh dari sistem informasi (information system)atau disebut juga processing systematau information processing systemsatau information-generating system. Uraian berikut akan memberikan penjelasan tentang teknologi informasi, serta bagaimana sistem pengolahan data sebagai penyusun informasi.



Fungsi dan Proses Kerja Perangkat Teknologi Komputer

Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi informasi (information technology)biasa disebut juga dengan TI, IT, atau Infotech. Beberapa ahli mendefinisikan tentang teknologi informasi sebagai berikut.
Menurut Haag dan Keen (1996) teknologi informasi didefinisikan sebagai seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

Menurut Robert A.Leitch dan K.Roscoe Davis sistem informasi didefinisikan sebagai berikut : “Suatu sistem yang berada dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan harian, mendukung informasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi, dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan”.


Martin (1999) menjelaskan bahwa teknologi informasi adalah suatu teknologi informasi yang tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
 
William dan Sawyer (2003) menjelaskan bahwa teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
 
Dari beberapa definisi tersebut terlihat bahwa teknologi informasi tidak hanya sekedar teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi telekomunikasi atau teknologi informasi merupakan gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.
 

1.  Teknologi Komputer
Teknologi komputer ini berhubungan dengan komputer, termasuk peralatan-peralatan yang berhubungan dengan komputer seperti printer, pembaca sidik jari, dan bahkan CD ROM. Komputer merupakan mesin serba guna yang dapat dikontrol oleh program, yang digunakan untuk mengolah data menjadi informasi. Program komputer adalah sekumpulan instruksi yang diwujudkan dalam bentuk bahasa, kode, skema, ataupun bentuk lain, yang apabila digabungkan dengan media yang dapat dibaca dengan komputer akan mampu membuat komputer bekerja untuk melakukan fungsi-fungsi khusus atau untuk mencapai hasil yang khusus, termasuk persiapan dalam merancang instruksi-instruksi tersebut.

2.  Teknologi Komunikasi
Teknologi komunikasi merupakan teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh, contohnya telepon, televisi, dan radio. Beberapa peralatan tersebut juga termasuk komputer, sebab di dalam peralatan tersebut telah ditanamkan komputer berupa chip, yaitu mikroprosesor dan perlu diketahui bahwa teknologi informasi tidak harus mutlak berupa komputer yang saling terhubung dengan komputer yang lainnya melalui peralatan telekomunikasi, tetapi dapat juga berupa peralatan elektronik yang dapat menyajikan informasi.


Kata Kunci:
•  brainware  •  data  •  komputer  •  server •  byte  •  hardware  •  modem  •  software

•  client  •  informasi  •  satelit  •  wireless