Menjalankan Program Aplikasi

Perangkat lunak sesungguhnya adalah program. Program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer, sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya. Salah satu jenis program siap pakai adalah program atau software aplikasi. Software aplikasi pada komputer adalah himpunan program komputer yang diperlukan dalam mengolah data yang dimiliki sehingga menjadi suatu informasi yang bermakna seperti yang diinginkan.

Menu dan Shortcut Program Aplikasi
Menu adalah daftar pilihan perintah atau penuntun fasilitas yang tersedia untuk mengarahkan user dalam memlilih proses yang akan dieksekusi. Di dalam menu ini, terdapat beberapa perintah yang dapat kita pilih dengan menyorot perintah tersebut pada menu bar. Menu bar adalah bar yang berisi menu. Dikenal juga dengan nama menu pulldown.

Shortcut adalah perintah singkat, biasanya berupa gambar yang disebut dengan ikon. Ikon adalah sebuah lambang kecil berupa gambar yang tampak pada layar komputer. Biasanya dipakai untuk melambangkan dokumen atau program lain dan disk drive.


a. Perangkat lunak aplikasi Word Processing
Untuk membantu kegiatan yang berkenaan dengan pekerjaan administrasi kantor yaitu surat menyurat, pembuatan tabel sederhana, pembuatan logo sederhana dan animasi teks, pengetikan skripsi, makalah, laporan, resume dan lain sebagainya, perusahan Microsoft meluncurkan suatu program yang disebut dengan Microsoft Word, atau yang sering disebut dengan Word.

Microsoft Excel memiliki ciri khusus sebagai program pengolah kata dan merupakan pengolah database (basis data) sederhana berupa mail merge.

Untuk dapat mengaktifkan program Microsoft Word caranya adalah klik Start lalu All Program, Microsoft Office kemudian pilih Microsoft Word.

b. Perangkat lunak Presentasi PowerPoint
Banyak sekali kegunaan dan manfaat program presentasi, baik dalam dunia usaha, pendidikan, kesehatan, teknik dan sebagainya. Secara umum kegunaan software pembuat presentasi sebagai berikut.
1) Untuk merancang suatu animasi dalam pembuatan slide untuk keperluan presentasi.
2) Membuat presentasi dari suatu produk, pelajaran, materi seminar, produk unggulan, dsb.
3) Menampilkan slide-slide presentasi.
 
Untuk dapat mengaktifkan program Microsoft Word caranya adalah klik Start lalu All Program, Microsoft Office kemudian pilih Microsoft PowerPoint.
 
c.  Perangkat lunak spreadsheet Excel
Untuk membantu kegiatan yang berkenaan dengan materi hitungan atau angka, perusahan Microsoft meluncurkan suatu program yang disebut dengan Microsoft Excel, atau yang sering disebut dengan Excel. Excel merupakan program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganalisis, dan mempresentasikan data.
 

Microsoft Excel memiliki ciri khusus sebagai program pengolah angka dan merupakan pengolah database(basis data) sederhana. Aplikasi ini sering juga disebut sebagai lembar kerja elektronik (electronic spreadsheet).Untuk dapat mengaktifkan program Microsoft Word caranya adalah klik Start lalu All Program, Microsoft Office kemudian pilih Microsoft Excel.

Fitur aplikasi Excel ini terdiri dari lajur kolom dan lajur baris. Microsoft Excel sebagai software spreadsheet memiliki tiga kemampuan sebagai berikut.
1)  Lembar kerja elektronik

2)  Pengolah grafik
3)  Database
 

Manfaat dari Microsoft Excel adalah sebagai berikut.
1)  Dapat digunakan untuk mempresentasikan, mengatur, dan menganalisis data.
2) Dapat digunakan untuk pembuatan laporan dengan ilustrasi gambar, grafik, tabel, dan penghitungan statistik.
3)  Membuat hyperlink untuk akses ke internet.