Perangkat Keras Komputer (Hardware)


Komputer adalah alat pengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula digunakan untuk menggambarkan orang yang melakukan perhitungan aritmatika dengan atau tanpa alat bantu.
Proses pemindahan data hingga menjadi suatu informasi bermakna terangkum dalam suatu sistem. Sebuah sistem terdiri dari beberapa rangkaian yang berbeda dan membentuk sebuah kerja sama sehingga dapat digunakan untuk memasukkan data, memproses data, dan menghasilkan informasi. Anda telah mempelajari sistem tersebut pada subbab sebelumnya. Salah satu komponen sistem komputer adalah perangkat fisik. Perangkat fisik dari sistem komputer ini memungkinkan suatu komputer dapat melak-sanakan sistem operasi. Berdasarkan fungsinya, komponen atau perangkat keras komputer dibagi menjadi lima kategori, yaitu input, pemrosesan, output, memori kerja, dan memori penyimpanan.
Fungsi utama hardware adalah menjalankan sekumpulan perintah atau instruksi yang diberikan, dan mengeluarkannya dalam bentuk informasi. Perintah-perintah tersebut terdapat pada perangkat lunak (Software). Jadi, hardware fungsinya adalah menjalankan software.
hardware
Secara umum, hardware terdiri atas:
  1. Perangkat Masukan (Input Device).
  2. Perangkat Pemrosesan (Process Device).
  3. Perangkat Penyimpanan (Storage Device).
  4. Perangkat Keluaran (Output Device).
Input Device adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data/instruksi ke dalam CPU(central processing unit) komputer sebagai perangkat pemrosesan komputer.

Perangkat yang termasuk ke dalam periferal masukan di antaranya sebagai berikut:

a. Keyboard
Keyboard adalah alat yang berfungsi untuk memasukkan data/instruksi berupa kode-kode ke komputer melalui penekanan tombol-tombol (tuts). Ketika menekan salah satu tombol maka sinyal listrik dikirim ke komputer. Sinyal tersebut akan diterjemahkan sebagai nilai biner. Nilai inilah yang akan dikonversikan dan akan disimpan pada RAM komputer kemudian akan dimunculkan pada layar.

b. Mouse
Mouse berfungsi untuk mengatur posisi kursor pada layar monitor, menggeser gambar (image), memilih dan menjalankan menu atau ikon. Cara kerja mouse adalah bola karet mouse yang menyentuh permukaan akan bergerak saat mouse digerakkan. Bola tersebut akan menggeser kedua batang roda. Batang roda yang satu akan mewakili gerakan mouse secara vertikal (arah x), sedangkan batang roda lainnya akan mewakili gerakan mouse secara horizontal (arah y) dalam software driver mouse. Nilai inilah yang akan menjadi ukuran gerakan kursor pada layar monitor.

c. Joystick
Joystick merupakan alat masukan yang berfungsi membaca data dengan media mekanis. Joystick digunakan sebagai alat bantu dalam program permainan komputer. Alat ini pada dasarnya memiliki sebuah tongkat yang dapat digerakkan hingga 360 derajat. Dengan menggerakkan tongkat tersebut maka akan keluar sinyal pada komputer sesuai dengan gerakan tongkat tersebut. Gerakan inilah yang akan ditampilkan pada layar monitor.

d. Scanner
Scanner adalah alat yang berfungsi untuk memasukkan gambar (image)atau teks pada selembar kertas ke dalam komputer, dan akan ditampilkan pada layar komputer. Scanner sering digunakan orang untuk mengopi sebuah gambar dalam bentuk foto atau gambar jadi lainnya ke dalam komputer. Hal ini dilakukan agar kamu tidak perlu repot-repot untuk membuat sebuah gambar atau teks. Merek-merek Scanner yang sudah banyak beredar di pasaran, antara lain: Umax, Epson, Microtec, dan lain-lain.

e. Lightpen
Lightpen, berfungsi untuk memasukkan data berupa teks atau gambar secara langsung pada layar monitor, dan akan disimpan pada sebuah komputer. Alat ini berbentuk seperti pena yang memancarkan sinar. Alat ini dilengkapi sebuah kabel yang akan dihubungkan pada monitor khusus yang mempunyai kabel penghubung dengan lightpen. Program komputer yang digunakan adalah CAM (Computer Aided Manufacturing). Apabila ujung lightpen didekatkan pada layar monitor khusus dan digerak-gerakan untuk membuat teks atau gambar, maka pada monitor akan tampil teks atau gambar tersebut. Kemudian gambar atau teks akan disimpan oleh program komputer pada komputer.


f. Kamera Digital
Alat ini digunakan untuk mengambil sebuah objek. Kamera ini tidak menggunakan roll film sebagaimana layaknya kamera yang kamu kenal selama ini. Salah satu program komputer yang dapat mengolah foto atau gambar yang dihasilkan oleh kamera adalah Adobe Photoshop.


2. Fungsi dan Contoh Processing Device
Process device atau yang lebih dikenal dengan istilah CPU atau Central Processing Unit merupakan perangkat yang terpenting dalam sistem komputer. Hal ini disebabkan CPU merupakan otak dari sebuah komputer.

Adapun fungsi utama CPU adalah sebagai berikut.
  1. Menyimpan data atau instruksi.
  2. Mengontrol urutan perintah atau instruksi.
  3. Mengendalikan perangkat komputer lainnya.
  4. Menjalankan proses hitung dan logika.

a. Perangkat CPU
Perangkat pada CPU di antaranya:
 

1. ALU (Arithmetic and Logic Unit) 
Bagian perangkat keras yang memiliki fungsi sebagai berikut.
a) Menjalankan fungsi perhitungan aritmetika, seperti +, - ,* , /.
b) Menjalankan fungsi perbandingan, seperti > , < , = , >= , <= , <>.
c) Menjalankan fungsi logika, seperti IF, AND, OR, NOT.
 

2. CU (Control Unit)
Perangkat keras yang memiliki fungsi sebagai berikut.
a) Mengawasi kinerja input dan output.
b) Mengatur dan menjalankan perintah-perintah dalam urutan yang benar.
c) Mengawasi kinerja ALU.


b. Macam-macam Processor
Processor atau biasa disebut dengan Microprocessor merupakan otak dan pusat pengendali berbagai komponen lainnya. Processor sering dijadikan ukuran tinggi rendahnya kemampuan dan kecepatan sebuah komputer. Hal ini dikarenakan processor merupakan otak dari sebuah komputer itu sendiri sehingga semakin tinggi kecepatan kerja processor maka semakin tinggi pula kecepatan komputer dalam mengelola data atau informasi melalui internet. Fungsi utama processor antara lain mengatur dan membagi sebuah perintah kepada bagian komponen lainnya untuk menjalankan fungsinya. Jadi, fungsi processor dapat diibaratkan sebagai otak manusia yang berfungsi mengatur fungsi anggota tubuh lainnya.


c. Ukuran Mikroprocessor
Ukuran sebuah mikroprocessor ditentukan dengan satuan Mega Herzt (MHz), yaitu ukuran yang menentukan banyaknya perintah atau intruksi data yang dapat dikerjakan sebuah processor dalam satu detik.


d. Jenis-jenis Mikroprocessor
Mikroprocessor yang sekarang beredar di pasaran cukup beragam, mulai dari Intel Pentium I hingga Intel Pentium IV yang dikeluarkan oleh perusahaan Intel. Adapula mikroprocessor dengan teknologi MMX (Multi Media Extended)yang memiliki kemampuan olah multimedia (Video, MP3, Game, dan lain-lain) yang lebih baik.


3. Fungsi dan Karakteristik Storage Device


a. Memory
Setelah data dimasukan oleh perangkat masukan dan diproses maka data itu disimpan di dalam sebuah perangkat penyimpanan yang disebut memori. Memori adalah alat yang berfungsi mengolah data dan instruksi serta tempat penyimpanan data dan sistem aplikasi yang dijalankan. Memori dapat diibaratkan sebagai daya ingat manusia.
 

b. Floppy Disk atau Disket
Floppy disk atau disket adalah media penyimpanan data yang menggunakan keping plastik yang dilapisi oleh bahan magnetik.
 

Keuntungan dari floppy disk adalah:
  • Lebih fleksibel dan mudah digunakan.
  • Mudah dibawa ke mana-mana karena ukurannya kecil.
  • Harganya lebih murah.
Kelemahan dari floppy disk adalah:
  • Daya tampung data atau kapasitasnya sangat kecil, maksimal 2,88 MB.
  • Mudah rusak terutama akibat adanya debu dan panas.
c. Harddisk
Harddisk adalah alat yang berfungsi untuk menyimpan data, program aplikasi, dan sistem komputer lainnya. Oleh karena tempatnya yang terpasang menetap (fixed)di dalam komputer maka harddisk sering disebut dengan istilah fixed disk. Berbeda dengan disket yang hanya mampu menampung data 1,44 MB, maka sebuah harddiskdapat menampung hingga di atas 40 GB (1 GB = 1.024 MB). Saat ini harddiskmerupakan komponen atau hardware standar yang diperlukan sebuah komputer. Hal ini disebabkan dengan adanya perkembangan softwaredan informasi lainnya yang membutuhkan media penyimpanan yang cukup besar.
 

d. CD-ROM
CD-ROM atau Compact Disk Read Only Memoryadalah media penyimpanan data dengan daya tampung sebesar 700 MB (megabyte)dengan menggunakan teknologi optik.
Ada 2 macam CD-ROM, yaitu:

  • CD-R atau Compact Disk-Recordable, yaitu compact disk yang datanya hanya dapat dibaca, di copy, dan tidak dapat diubah. Untuk menggunakannya diperlukan perangkat CD-ROM.
  • CD-RW atau Compact Disk-Re-Writeable, yaitu compact disk yang datanya dapat dibaca dan ditulis kembali. Untuk menggunakannya diperlukan perangkat CD-ROM.
e. DVD
DVD atau Digital Versatile Disk adalah media penyimpanan data yang mempunyai daya tampung yang lebih besar dari CD-ROM. Apabila CD-ROM memiliki kapasitas sebesar 700 MB (megabyte), maka pada DVD memiliki kapasitas hingga 17 GB (gigabyte).

Keuntungan dari media penyimpanan jenis optik adalah:

  • Dapat menyimpan data yang cukup besar.
  • Ukurannya ringan sehingga dapat dibawa ke mana-mana.
  • Harga relatif murah.
Kelemahan dari media penyimpanan optik adalah:
  • Oleh karena berupa lempengan maka jenis ini mudah patah.
  • Mudah rusak apalagi jika terkena goresan dan panas.
f. Flashdisk
Flashdisk merupakan media penyimpan data yang bersifat removable (mudah untuk
dipindahkan) dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Flashdisk mengakses datanya relatif lebih cepat, hampir sama dengan hardisk. Flashdisk merupakan media penyimpanan yang bersifat nonvolatile. Data yang tersimpan di dalamnya tetap akan ada/ tidak akan hilang meski tanpa adanya daya listrik.
Flashdisk tergolong sebagai magnetik disk karena bahan pembentuknya bersifat logam yang identik dengan sifat magnetik daripada sifat optik.

4. Fungsi dan Contoh Output Device

Perangkat keluaran atau output device adalah perangkat yang berfungsi untuk menampilkan informasi hasil dari pemrosesan data yang diolah oleh perangkat pemrosesan. Beberapa perangkat keluaran yang akan dipelajari di sini adalah sebagai berikut.

a. Monitor
Monitor adalah alat yang berfungsi menampilkan data atau informasi dalam bentuk teks atau gambar.
 

1. Ukuran Monitor
Ukuran monitor ditentukan dengan satuan inch, yaitu ukuran panjang atau lebar layar monitor. 1 inch = 2,54 centimeter.
 

2. Jenis-jenis Monitor
Macam-macam monitor berdasarkan tingkat resolusinya:

  • Monitor VGA (video graphic adapter),memiliki resolusi 640 x 480 pixels.
  • Monitor SVGA (super video graphic adapter),memiliki resolusi 800 x 600 pixels.
  • Monitor XGA (extended graphic adapter),memiliki resolusi 1.024 x 768 pixels.
Berikut ini beberapa merek monitor yang ada di pasaran, di antaranya Sony, Goldstar, SPC, Philip, Samsung, Compaq, dan lain-lain.
 

b. Printer
Printer adalah alat yang digunakan untuk mencetak informasi yang meliputi teks, gambar, dan data lainnya.
 

Printer terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:
1. Impact Printer
Impact printer adalah printer yang dalam pencetakan data dilakukan dengan ketukan. Ciri-ciri jenis printer ini adalah:

  • Pada umumnya agak berisik.
  • Menggunakan pita karbon seperti pita karbon mesin tik.
  • Hasil cetakan printer ini kurang baik apalagi jika pita karbon sudah habis atau sudah tidak merata lagi karbonnya.
  • Warna cetakan yang dihasilkan umumnya berwarna hitam.
  • Pada umumnya dapat mencetak kertas rangkap.
  • Printer ini masih banyak digunakan di sekolah-sekolah, kantor-kantor, dan instansi pemerintahan. Hal ini dikarenakan harga dari pita karbon printer ini relatif lebih murah. Contohnya, Epson LX 300, Epson LQ 300, Epson LQ1170, dan lain-lain.
2. Nonimpact Printer
Nonimpact printer adalah printer yang dalam pencetakan data dilakukan tanpa ketukan.
Ciri-ciri jenis printer ini adalah:

  • Tidak menimbulkan kebisingan.
  • Tidak menggunakan pita karbon seperti pita karbon mesin tik, tetapi menggunakan pita penyemprot (nozzle).
  • Hasil cetakan printer ini sangat bagus dan halus.
  • Sudah dapat mencetak dengan beraneka ragam warna.
  • Tidak dapat mencetak kertas rangkap.
  • Harga printer ini relatif lebih mahal. Contohnya, Canon 5-800, Hp Laserjet 1.200, Epson Stylus C80, Lexmark Z52.
3. Plotter
Plotter adalah jenis printer khusus yang digunakan untuk menggambar sebuah rancang bangun, diagram, grafik, peta, denah, dan skema. Berikut ini kriteria-kriteria dari printer plotter adalah:
  • Pada umumnya menggunakan pin plotter untuk menggambar.
  • Sering digunakan untuk teknik sipil dan arsitektur.