Peralatan Proses


Alat proses berisi instruksi-instruksi program. Alat ini mengolah data yang sudah dimasukkan lewat input, kemudian hasilnya akan ditampilkan melalui alat output.
Unit sistem sebuah komputer berisi alat-alat proses program (cabinet system) yang dilindungi oleh casing. Di dalam casing terdapat berbagai komponen perangkat keras seperti chip memory (RAM/Random Acces Memory), motherboard, catu daya, hardisk, dan CD Drive RW/ROM (Read and Writer/Read Only Memory).

Cabinet system ini menjadi pengolah pusat yang berperan untuk memproses perintah, melaksanakan perhitungan, dan memanajemen arus informasi menuju sistem komputer. Dalam pemrosesannya, unit atau piranti pemrosesan akan berkomunikasi dengan piranti input, output, dan masukan untuk melaksanakan perintah-perintah yang berkaitan.
Cabinet system hanya dapat menyimpan data dan instruksi di register yang ukurannya kecil, sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi yang dibutuhkan untuk keseluruhan proses dari program. Untuk mengatasi itu, maka dalam alat pemroses dilengkapi dengan simpanan yang kapasitasnya lebih besar yaitu main storageatau internal memoryatau internal storage.
Cabinet system merupakan perangkat yang digunakan untuk memproses semua data yang masuk. Dalam Cabinet systemterdapat dua bagian utama, yaitu unit kenali dan unit aritmatika dan logika. Di samping dua bagian utama tersebut, cabinet systemmempunyai beberapa simpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan register.
Data-data yang telah ditangkap oleh komputer melalui peralatan input akan diolah di komponen pengolah data (processing unit)yang fungsinya mirip dengan otak manusia, yakni sebagai pusat pengendali sistem komputer.


Secara lebih terinci, fungsi prosesor adalah sebagai berikut.
a.  Memberi address data dan program.
b.  Memasukkan dan mengambil data.
c.  Melaksanakan instruksi-instruksi secara berurutan.
d.  Sebagai penghubung antara main storagedan input device/output device.

Tugas dari prosesor adalah sebagai berikut.
a.  Mengontrol kerja sistem.
b.  Merupakan otak komputer.
c.  Menentukan saat kapan pengiriman data terjadi.
d  Melakukan operasi aritmatika dan melakukan operasi logika.

Mikroprosesor terdiri atas dua bagian utama yang dinamakan Control Unit dan ALU (Aritmathic and Logic Unit).

ALU (Aritmathic and Logic Unit)

a.  Control Unit
Control Unit berguna untuk mengendalikan seluruh komponen dalam sistem komputer. Pengendalian yang dilaksanakan oleh unit ini didasar-kan pada instruksi-instruksi yang terdapat pada sistem komputer. Jika ada kesalahan, maka akan dimunculkan pesan (eror message).
Unit kontrol menyimpan perintah yang dilakukan oleh komputer, kemu-dian memerintahkan ALU untuk melaksanakan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Kemudian akan mengulang perintah lagi, kemudian unit kontrol akan meneruskan ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali jika perintah itu adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain).

b.  Aritmathic Logical Unit (ALU)
Aritmathic Logical Unit (ALU) berperan dalam melaksanakan operasi-operasi perhitungan (aritmatika) seperti pengurangan, penjumlahan, dan perkalian maupun operasi pembandingan (logika) seperti membanding-kan suatu nilai bernilai 0 atau tidak.
Unit aritmatika dan logika adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis aritmatika (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan aritma-tika (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan “kerja” yang nyata.

Secara lebih terperinci, ALU yang berfungsi untuk melakukan operasi perhitungan aritmatika dan logika terbagi menjadi empat kelas.
  1. Decimal aritmathic ; digunakan untuk operasi komersial dan di-nyatakan dalam bilangan desimal dengan memakai tanda plus (+) untuk bilangan positif dan tanda minus (-) untuk bilangan negatif.
  2. Fixed point aritmathic ; digunakan untuk operasi aritmatika dari data binary dan untuk menyatakan address dari storage.
  3. Floating point aritmathic ; digunakan untuk operasi matematika.
  4. Logic operation ; dapat berupa operasi-operasi perbandingan, testing, translating, editing, dan moving logic data.

Ukuran dari main memory ini ditunjukkan oleh satuan Kilobyte (Kb) = 1.024 byte, Megabyte (Mb) = 1024 Kb, Gigabyte (Gb) = 1.024 Mb atau Terrabyte = 1.024 Gb. Umumnya 1 byte memory terdiri dari 80 bit. Tiap-tiap bit diwakili oleh digit 1 atau 0. Kode yang dipergunakan untuk mewakilinya tergantung dari komputer yang dipergunakan, dapat berbentuk sistem kode BCD, sistem kode SBCDIC, sistem kode EBCDIC, atau sistem kode ASCII.

a.  Hardisk
Hardisk drive (HDD) merupakan tempat menyimpan data pada mikroprosesor. Jika hardisk dibuka, maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data. Kecepatan putarannya bervariasi. Ada yang 5.400 putaran per menit, bahkan ada yang sampai 7.200 putaran per menit. Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan. Besarnya bervariasi, ada yang 1,2 gigabyte (GB) hingga 80 GB. Satu GB sama dengan 1.000 megabyte, sedangkan 1 megabyte sama dengan 1.000 kilobyte.

b.  Floppy disk drive
Floopy disk drive adalah alat untuk membaca atau menulis pada sebuah disket. Beberapa tahun lalu, masih banyak orang yang menggunakan floppy disk berukuran 5 ¼ inchi (disket besar), yang menyimpan data sebanyak 700 Kb. Saat ini disket besar sudah digantikan dengan disket kecil yang berukuran (3 ½ inchi) dengan kapasitas menyimpan data sebesar 1,4 Mb.
Cara kerja floppy disk hampir sama dengan hardisk. Plat bundar berisi data dalam disket akan diputar oleh motor dalam floppy disk drive. Sebuah magnet akan membaca atau menulis data pada disket itu.

c.  CD-ROM drive
Fungsi CD-ROM drive adalah untuk membaca data dari sebuah compact disc (CD). ROM adalah singkatan dari Read Only Memoryyang artinya 92 Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 penyimpan data yang hanya dapat dibaca. Jadi, CD-ROM hanya digunakan untuk membaca data, tidak dapat untuk menyimpan data. Namun saat ini, ada alat serupa yang dapat digunakan untuk menulis/menyimpan data ke sebuah CD. Namanya CD-RW (CD Read and Writeatau CD baca dan tulis).
Cara kerja CD-ROM maupun CD-RW sama dengan cara kerja hardisk atau floppy disk drive. Bedanya, bagian yang diputar adalah kepingan CD. Alat pembacanya juga bukan head magnet, tetapi sinar laser yang berkekuatan kecil.

d.  Processor
Processor merupakan brain(otaknya) komputer. Prosesor berfungsi untuk memroses semua perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer.
Kekuatan prosesor diukur dari frekuensinya, seperti 550 MHz (Mega Hertz) sampai saat ini sudah ada yang mencapai 1,4 GHz (Giga Hertz). Jika komputer dihidupkan, maka prosesor akan langsung bekerja dan cepat naik suhunya. Oleh karena itu, setiap prosesor saat ini sudah dilengkapi dengan besi penyalur panas (heat sink)dan kipas pendingin. Saat ini prosesor yang banyak digunakan adalah Intel, AMD, dan IBM.

e.  Memory atau RAM (Random Acces Memory)
Memori adalah alat untuk penyimpanan data sementara sewaktu di-gunakan oleh prosesor. Jika komputer dimatikan, maka data di RAM akan hilang. Kecepatan membaca data RAM ini lebih cepat jika dibandingkan dengan hardisk.

f.  Kartu Grafis (VGA Card)
Kartu VGA (Video Graphic Adapter)berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar/design graphic ataupun untuk bermain game, kita perlu VGA yang tinggi kekua-tannya. Saat ini ada VGA dengan memori 16, 32, hingga 128 Megabyte. Jenisnya yang terkenal adalah GeForce buatan perusahaan N-Vidia.

g.  Kartu Suara (Sound Card)
Perangkat ini berguna untuk mengeluarkan suara. Jika kita sedang mendengar musik atau bermain game, perangkat ini sangat bermanfaat. Suaranya bisa stereo, surround (berputar), atau bahkan suara 3 dimensi, sehingga kita seolah-olah berada di tempat kejadian. Akan tetapi, sound cardini kurang lengkap jika tidak ada speaker. Oleh karena itu, kita perlu menghubungkan speaker dengan sound card yang telah terpasang dengan sebuah kabel yang disambung langsung ke sound card game.

h.  Motherboard
Motherboard disebut juga dengan papan induk yang berfungsi sebagai tempat semua alat utama mikroprosesor yang telah disebutkan di atas. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu-lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.